KTM - Legasi Sepeda Motor Berperforma Tinggi di Eropa
KTM, didirikan pada tahun 1934 dan berkantor pusat di Mattighofen, Austria, yang merupakan produsen sepeda motor terbesar dan paling sukses di Eropa. Selama lebih dari 90 tahun sejarahnya, KTM telah berkembang dari sebuah bengkel kecil menjadi pemimpin global dalam sepeda motor berperforma tinggi. KTM berfokus pada sepeda motor off-road dan on-road, termasuk Motocross, Enduro, dan Supermoto, yang terkenal karena kekuatan, kelincahan, dan daya tahannya.
Proses Material Management
commsult mengimplementasikan beberapa proses SAP (sistem ERP) untuk KTM meliputi penerimaan barang (goods receipt), pengeluaran barang (goods issue), stok opname (stock count), transfer barang (stock transfer), dan informasi stok (stock info). Semua proses ini dilakukan menggunakan modul material management dalam sistem SAP. Dengan hal tersebut, implementasi ini bertujuan untuk meningkatkan akurasi dalam pengelolaan logistik di KTM.
Tantangan Logistik KTM dalam Kompetisi Balap Tahunan di Tengah Gurun
KTM mengatur pengiriman truk ke lokasi balap di tengah gurun untuk memastikan stok suku cadang langsung di lokasi acara. Truk-truk ini bukan hanya sebagai transportasi, mereka juga berfungsi sebagai mobile warehouse yang mengelola semua logistik material. Truk tersebut membawa server yang tidak terhubung langsung ke SAP (sistem ERP) KTM. Hal ini menimbulkan tantangan yang besar bagi KTM, karena seluruh proses logistik harus berjalan dengan efisien meskipun tidak terkoneksi internet.
Tim balap KTM khususnya Dakar Rally menghadapi tantangan logistik yang unik di wilayah tengah gurun. Mengandalkan metode manual untuk pelacakan inventaris sangat memakan waktu dan tidak efisien dimana dalam kompetisi balap semua hal harus dilakukan dengan cepat.
Oleh karena itu, KTM memerlukan warehouse management system yang fleksibel, efisien, dan dapat berfungsi di segala kondisi. Hal ini dapat membuat tim balap fokus pada kompetisi tanpa khawatir tentang logistik suku cadang mereka.
Mengubah Sistem Operasi KTM dengan Solusi Inovatif "Offline Sync"
Mengingat sifat acara Dakar Rally yang dilakukan di tengah gurun, server truk sering beroperasi tanpa internet stabil ke HQ KTM di Austria. Dari hal tersebut, commsult memberikan solusi teknologi terdepan dengan fitur “Offline Sync”. Fitur ini memungkinkan server truk untuk menyimpan data secara lokal jika tidak ada koneksi ke sistem ERP, dan server truk akan mencoba terhubung ke server pusat setiap beberapa menit. Setelah koneksi ke sistem ERP tersedia, data di server akan disinkronkan ke dalam sistem ERP.
Apa Yang Membuat Project Ini Unik?
1. Mobile Solution yang Dapat Beroperasi di Tengah Gurun
Setiap truk berfungsi sebagai mobile warehouse yang dilengkapi dengan server truk dan perangkat WiFi portabel. Perangkat WiFi portabel ini dapat terhubung ke beberapa perangkat mobile warehouse yang dioperasikan oleh mekanik. Konektivitas antara ketiga perangkat (server truk, WiFi portabel, dan perangkat mobile warehouse) memungkinkan pengaksesan data secara real-time. Dengan demikian, warehouse management system dapat beroperasi secara optimal.
Sumber: commsult Digital Asset
2. Data Sinkronisasi Secara Otomatis
Setelah terhubung dengan koneksi internet, data yang tersimpan di truk secara otomatis terintegrasi dengan sistem SAP KTM melalui VPN. Proses sinkronisasi ini memastikan pembaruan data secara otomatis dan inventory management menjadi sepenuhnya akurat.
3. Menerapkan Fitur Point of Sales (POS) di Tengah Gurun
commsult mengimplementasikan fitur tambahan berupa Point of Sales untuk menangani harga dan tagihan secara langsung di tempat. Sehingga tim balap yang bukan berasal dari KTM dapat membeli suku cadang langsung di lokasi balap. Hal ini bertujuan untuk memastikan proses transaksi yang mulus untuk pelanggan KTM meskipun tanpa internet.
4. Adaptasi Fitur
Pandemi COVID-19 memberikan tantangan unik kepada commsult dalam mendukung KTM dimana tanda tangan secara fisik dihindari. Untuk mengatasi hal tersebut, commsult menerapkan fitur baru yang memungkinkan manajer suku cadang KTM mengambil foto sebagai pengganti tanda tangan saat bertransaksi dengan pembeli suku cadang mereka.
Bagaimana Solusi dari commsult Memperkuat Tim Balap KTM
Penggunaan aplikasi yang dirancang oleh commsult telah memberikan perubahan yang signifikan bagi KTM, terutama di lingkungan yang menantang seperti di tengah gurun.
”Karyawan yang menangani barang di truk selalu tahu persis di mana barang tersebut disimpan. Dia tidak perlu mencari-cari dan tahu persis berapa banyak barang yang ada di gudang.” ujar Warehouse Management Specialist KTM, Thomas Klein.
Kerjasama KTM dengan commsult telah merevolusi warehouse management tim balap mereka. Dengan solusi inovatif dari commsult, KTM dapat sepenuhnya fokus pada kompetisi, sementara urusan logistik dapat ditangani tanpa khawatir.
Project ini mencerminkan komitmen KTM terhadap keunggulan dan menetapkan standar baru untuk warehouse management yang efisien di bawah kondisi ekstrem.